intens.news
Mitra Informasi

Selain Jaga Keamanan, Pol PP Desa Diminta Humanis

0 92

Intens.news, EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad meminta kepada seluruh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Desa harus bersikap humanis. Hal inilah yang disampaikan Joncik disela-sela membuka pembinaan mental dan fisik anggota Satpol PP Desa yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Empat Lawang.

Dikatakan Joncik, pelatihan itu penting bagi Pol PP Desa, agar para anggota ini paham kalau tugas yang diberikan kepada mereka (Pol PP Desa-red) adalah panggilan negara. Sebab peran Satpol PP Desa tersebut mengedepankan preventif, humanis. Makanya perlu adanya pelatihan lapangan dan pelatihan di dalam kelas.

“Mudah-mudahan dengan pemberian materi seperti baris-berbaris, loyalitas terhadap pimpinan, kebersamaan sesama anggota Satpol PP Desa. Kemudian pengetahuan mereka, bahwa mereka ditugaskan untuk menciptakan keamanan itu dengan pendekatan yang humanis bukan kekerasan,” jelas Joncik.

Dengan misi yang dibawa, lanjut Joncik, tentunya keinginan akan bisa tercapai, sesuai dengan visi dan misi dari Empat Lawang MADANI. “Bagi saya, 2 hari ini waktunya sangat pendek, tapi kita tahu kondisi mereka, Pol PP Desa ini kan macam-macam ada yang masih muda, ada yang sudah tua. Nah kita sesuaikan itu,” ungkapnya.

Joncik menambahkan, dirinya selalu mengevaluasi seluruh anggota Satpol PP Desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Karena Pol PP Desa itu mengemban tugas untuk masyarakat Empat Lawang. Dan Alhamdulillah progresnya 78 persen sudah tercapai, karena itulah kita harapkan dengan Satpol PP Desa ini tidak hanya sesaat tapi terus ada kedepannya untuk Empat Lawang MADANI,” terang Joncik.

Sementara itu Kasat Pol PP Empat Lawang, HM Taufik, mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari yang dibagi menjadi 5 gelombang dan diikuti sebanyak 335 anggota Satpol PP Desa. “Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 335 anggota Satpol PP Desa. Dan untuk pelatihnya kita libatkan dari pihak TNI-Polri,” kata Taufik.

Ditambahkan Taufik, tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta respek anggota Satpol PP Desa terhadap keamanan di masyarakat.

“Untuk perekrutan Pol PP Desa ini, syaratnya tidak mesti berpendidikan tinggi, yang penting dia disegani dan mengenal wilayahnya masing-masing,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More