intens.news
Mitra Informasi

Selama Pandemi, Pendonor Darah di Palembang Alami Penurunan 

0 0

Intens. news, PALEMBANG – Sejak pandemi COVID-19 pendonor darah kota Palembang mengalami penurunan. Kepala UTD Palang Merah Indonesia Kota Palembang, Dokter silvi Dwi Putri, mengatakan, memang untuk saat ini pendonor darah mengalami penurunan.

“Untuk saat ini pendonor darah penganti meningkat sedangkan pendonor darah sukarela mengalami penurunan,” unkgpanya, Rabu (16/9/2020).

Biasanya dalam satu bulan orang yang mendonorkan darah bisa mencapai 100 orang lebih dengan donor sukarela dan donor penganti. “Karena sifatnya bagi yang ingin mendonorkan darah tidak ada paksa untuk masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, sebelum terjadinya COVID-19 untuk pendonor darah sendiri mengalami penurunan beberapa persen, seperti pendonor darah sukarela menurun 70 persen sedangkan pendonor darah penganti 30 persen.

“Namun, di masa pendemi melanda menjadi berbalik untuk pendonor darah Sukarela menurun menjadi 30 persen sedangkan pendonor darah penganti menurun 70 persen, ” sebutnya.

Ia berujar, untuk masyarakat tidak perlu takut untuk mendonorkan darah karena mengikuti protokol kesehatan “Kita menerapkan protokol pencegahan, pendonor wajib memakai masker, cuci tangan, dan di cek suhu dan kantor selalu disinfektan setiap hari, petugas memakain APD lengkap,” katanya.

Ia berharap, semoga dimasa pendemi ini tidak menyurutkan semangat masyarakat kota Palembang dalam mendonorkan darahnya, karna pasien di rumah sakit tidak menunggu sampai pandemi berlalu.

“Kami tetap harus menyediakan stok darah untuk pasien-pasien dirumah sakit. Kita berharap untuk masyarakat jangan takut untuk mendonorkan darahnya karna kami menerapakan sesuai protokol yang ada. Bagi yang ingin mendonor silahkan datang ke kantor UTD PMI Kota Palembang jl. Srijaya km 5,5 dan Gerai Mall PTC, Buka 24 jam. Berbagi di saat sulit, membantu disaat sehat, setetes darah anda nyawa bagi sesama,” tutupnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More