intens.news
Mitra Informasi

Sempat Melesu, Wisata Pagaralam Kembali Menggeliat

0 150

Intens.news, PAGARALAM – Seiring dengan pemberlakuan tatanan pola hidup baru atau new normal, sektor pariwisata Pagaralam mulai kembali bergeliat. Dinas Pariwisata pun mengakui bahwa wisata Pagaralam mulai berangsur normal. Hal itu dibuktikan dengan mulai ramainya tingkat kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota.

Kepala Dinas Pariwista Pagaralam, Burlian Aristopani mengatakan, untuk menghitung berapa jumlah kunjungan secara ril, baik berdasarkan retribusi maupun tingkat hunian, itu memang belum bisa karena dibukanya kembali wisata di Pagaralam baru dilakukan dipertengahan Juni 2020.

“Sehingga pencatatanya pun akan kita rekap dan digabung dengan jumlah kunjungan wisatawan pada akhir Juli mendatang. Yang pasti semua sektor mulai ramai, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta,” jelasnya, Senin (29/6/2020).

Menurut Burlian, memang di masa pandemi virus corona (Covid-19), pariwisata Pagaralam mengalami kelesuan. Meskipun tidak ada penutupan secara resmi, namun banyak pelaku wisata dengan sendirinya menutup diri seiring dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial. Apalagi yang bersifat berkumpulnya orang banyak.

“Dengan kewenangan new normal yang diberlakukan, sektor pariwisata, termasuk pelaku usaha penginapan seperti hotel dan semacamnya kini kembali berangsur normal,” ungkapnya.

Selain itu, seiring dengan dibukanya kembali sektor pariwisata, retribusi yang sebelumnya sempat ditutup atau dicabut kini juga sudah mulai diberlakukan. “Untuk retribusi saat ini belum difokuskan ke pendapatan daerah, namun masih difokuskan untuk penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More