intens.news
Mitra Informasi

Sempat Menemui Hambatan, Program Stek Kopi Tahun 2019 Akan Segera Dibayarkan

0 63

Intens.news, PAGARALAM – Setelah melewati serangkaian tahapan mulai verifikasi dan review hasil dilapangan oleh pihak inspektorat, Program Sambung Pucuk (stek) Kopi milik Pemkot Pagar Alam melalui Dinas Pertanian tahun 2019 lalu, dalam waktu dekat akan segera dibayarkan.

“Sudah direview oleh pihak inspektorat (hasil verfikasi), secepatnya bantuan stek kopi ini diberikan kepada petani melalui kelompoknya,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Pagar Alam Gunsono Mekson kepada Intens.news, Jum’at (20/11/20).

Dikatakanya, pembayaranya melalui transfer rekening kelompok. Dia juga menyebutkan, jika untuk hasil stek kopi pada 2019 lalu belum sepenuhnya seperti yang diharapkan.

“Bantuan yang diberikan sesuai dengan realisasi yang dilakukan petani penerima di lapangan. Atau sekitar Rp400 juta lebih,” ujarnya.

Ia  mengakui, kendati sedikit adanya hambatan program stek kopi Walikota Pagar Alam pada 2019 lalu selesai dilaksanakan. Hanya saja realisasinya tercapai sekitar 24 persen.

Dia menyebutkan, jika bantuan tersebut sudah dilakukan verifikasi ulang tidak hanya oleh penyuluh melainkan bersama tim yaitu inspektorat dan aparat kepolisian.

“Jika dikalkulasikan untuk real hasil verfikasi tim sebanyak 240.137 stek kopi. Jumlah ini yang akan dibayarkan kepada kelompok tani kopi penerima yang telah melaksanakan program sejuta stek kopi senilai Rp. 480.274.000 (per satu stek hidup diberikan bantuan Rp.2.000,),” ulasnya.

Ia mengatakan ditahun 2020 ini ditargetkan program stek kopi ini lebih baik lagi.

Detailnya, untuk Kecamatan Dempo Tengah terealisasi 74.331 stek kopi, Dempo Utara sebanyak 75.379 stek kopi, Dempo Selatan sebanyak 83.872 stek kopi, sementara 6.555 stek kopi terealiasi di wilayah Pagar Alam Utara.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More