intens.news
Mitra Informasi

Separuh Isi Lapas Empat Lawang Napi Narkoba

0 33

Intens.news, EMPAT LAWANG –  Hampir separuh dari isi lapas kelas 2 B Kabupaten Empat Lawang merupakan narapidana (napi) dari kasus narkoba.

Data yang dihimpun menyebutkan, saat ini napi narkoba di lapas kelas 2 Empat Lawang berjumlah 116 orang, sedangkan jumlah keseluruan total penghuni lapas saat ini mencampai 256 orang. Hal ini memebuat kurang lebih separuh penghuninya merupakan napi kasus narkoba.

Kepala Lapas Kelas 2 Empat Lawang Ridwantoro melalui KPLP Abdul Hamid mengatakan, ia mengakui penambahan napi narkoba ini sebenarnya sudah lama terjadi sejak awal tahun 2021 terus bertambah. Karena memang para napi yang kerap datang atau masuk itu merukan kasus narkoba hampir tiap tahunnya.

“Ya benar, setiap tahunnya terus bertambah napi kasus narkoba. Itulah tadi jadi hampir separuh penghuni lapas merupakan napi narkoba titipan Polres Empat Lawang,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya memberikan pembinaan kepada napi narkoba ini melalui program yang telah direncanakan. Sebab, para napi narkoba ini ibaratnya perlu pendampingan khusus baik itu mental juga spiritual.

“Kebanyakan melalui pendekatan agama. Karena itu kami lakukan kepada napi narkoba sehingga apa yang mereka lakukan di dalam ini dapat bermanfaat jika keluar nanti, itu harapannya dapat bertobat tidak mengulangi perbuatannya lagi,” katanya.

Dengan kondisi harmpir separuh penghuni merupakan kasus narkoba, memang diakuinya, saat ini lapas kelas 2 B Empat Lawang terjadi overcapasitas melebihi kapasitas yang ada.

“Seharusnya di isi 200 ini lebih banyak. Sehingga apa yang terjadi overkapasiti. Dan yang paling banyak menjejali sel-sel lapas adalah para napi kasus narkoba,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More