intens.news
Mitra Informasi

Sepekan Jalan, SPOnline Pagaralam Belum Sampai Satu Persen

0 51

intens.news, PAGARAPAM – Helatan Sensus Penduduk 2020 secara online (SPOnline) sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari 2020 lalu, hingga 31 Maret dengan cara mengakses wibesite sensus.bps.go.id. Namun, tepat satu minggu SPOnline dilaksanakan ternyata belum melampaui 1 persen dari penduduk.

“Kalau sejauh ini belum 1 persen keluarga yang melakukan SPOnline,” kata Kepala BPS Kota Pagaralam Dedy Fahlevi. Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, Saat ini BPS Kota Pagaralam masih melakukan Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) ke lima Kecamatan yang ada di Kota Pagaralam untuk melaksanakan SPonline ini bersama peserta.

“Rakorcam sudah kita lakukan di tiga kecamatan,dua Kecamatan lagi kita laksanakan minggu depan,” ujarnya.

Dirinya tak menampik, jika berbagai kendala yang dijadikan alasan kenapa masyarakat belum melakukan SPOnline tersebut, seperti tidak punya paket (qouta) tidak tercover jaringan HP, dan belum adanya kesadaran dari masyarakat terhadap pentingnya melakukan update data kependudukan mereka.

“Ini Karena  mungkin banyak yang belum tahu manfaat yang akan diterima jika data kependudukan sudah update dan akurat,” ujarnya.

Ia mengatakan, meskipun masih sedikit yang melakukan SPOnline, namun tidak ada temuan aneh dalam pengisian data SPOnline oleh masyarakat. Dan agenda kedepan BPS yakni melakukan Rapat Koordinasi Daerah dengan pihak Pemkot dan bekerjasama dengan Dukcapil untuk meminta masyarakat yang melakukan pelayanan untuk melakukan SP Online.

“Karena target respon rate yang dibuat untuk Kota Pagaralam adalah  37,55 persen,” kata Dedi.

Dedi menerangkan, untuk masyarakat yang belum sempat melakukan SPonline dengan mengakses wibesite sensus.bps.go.id hingga batas yang ditetntukan masih ada tahapan wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

“Tapi kita coba berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target SPOnline. Krn akan lebih akurat, sebab masyarakat sendiri yg melakukan update datanya,” pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More