intens.news
Mitra Informasi

Setiap Puskesmas di Kecamatan Akan Dimaksimalkan Sebagai Tempat Isolasi

0 8

Intens.news, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang akan memaksimalkan puskesmas diseluruh Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, sebagai tempat karantina atau tempat isolasi pasien Covid-19 diwilayahnya masing-masing.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang Hj Heppy Sapriani menjelaskan, jika rumah karantina dibuat di Tebing Tinggi, warga yang berada jauh seperti Paiker keberatan jika diisolasi di Tebing Tinggi.

“Jadi kita memaksimalkan puskesmas, setiap puskesmas wajib menyiapakan ruang isolasi untuk pasien covid yang bergejala ringan, kalau yang tanpa gejala kita anjurkan untuk isolasi mandiri,” ungkap Heppy Sapriani kepada wartawan usia rapat pembahasan rencana pembentukan rumah karantina Covid-19 di ruang rapat Madani.

Rumah isolasi tersebut lanjut Heppy, tidak bisa dibuat dengan mudah tapi harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan oleh Satgas Covid-19.

“Jadi untuk fasilitas di Empat Lawang ini belum ada yang memadai, seperti yang bisa dipakai itu asrama, hotel, tempat-tempat diklat kita semua tidak punya. Jadi kita memutuskan untuk meningkatkan puskesmas disetiap kecamatan,” ungkapnya.

Sebab sambung Ibu Bupati Empat Lawang tersebut, jika mengaktifkan kembali SLB dirinya secara pribadi tidak setuju. Karena ada berbagai pertimbangan, salah satunya dari sisi kesehatan.

“Untuk merawat pasien covid di SLB tahun lalu saja, Pemkab Empat Lawang sudah mengeluarkan anggaran 500 juta lebih, makanya kita akan memaksimalkan tiap-tiap puskesmas yang ada di kecamatan. Ini juga akan disampaikan ke pak Bupati. Agar dibuat aturan atau intruksi bahwa setiap puskesmas minimal membuat satu ruang isolasi bagi warganya yang terpapar covid,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

 

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More