intens.news
Mitra Informasi
intens hari raya

Shalat Idul Fitri Ditiadakan, Ini Kata Pengurus Masjid Agung Palembang

0 39

Intens.news, PALEMBANG – Seiring kian meningkatnya kasus aktif Covid-19 di kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), sehingga kota yang dijuluki kota pempek itu kembali menyandang status zona merah. 

Akibatnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengambil tindakan dengan meniadakan kembali Shalat Idul Fitri pada tahun 2021 ini. Peniadaan Shalat Idul Fitri itu pun sejalan dengan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2021 dari Kementerian Agama tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul fitri 1442 H/2021 Masehi.

Larangan itu pun sontak menjadi pro dan kontra bagi masyarakat dan para pengurus masjid. Namun, untuk Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jago Wikramo atau Masjid Agung, pada prinsipnya tak mempermasalahkan hal itu.

Ketua Yayasan Masjid Agung, Kgs Ahmad Sarnubi mengatakan, berkaca tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri yang menjadi panitia ibadah Shalat Idul Fitri adalah Pemkot Palembang diketuai oleh Walikota Palembang.

“Kami tak mempermasalahkannya, kalau Pak Walikota menyebutkan tak shalat Idul Fitri. Sebagai pengurus kami hanya menyediakan tempat pada prinsipnya,” ujarnya, Selasa (4/5/2021).

Selain itu, mereka tak bisa melarang bagi masyarakat yang hendak menjalankan ibadah di Masjid Agung. “Kalau ada masyarakat yang masih mau salat Ied di Masjid Agung ya silahkan,” ujarnya.

Selama ini, semua tata laksana ibadah di Masjid Agung mengedepankan protokol kesehatan. Terutama jemaah wajib menggunakan masker, salat pun berjarak dan diimbau agar membawa alat salat sendiri.

“Semua sudah kami laksanakan, tentunya bagi yang ingin beribadah harus Prokes,” katanya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More