intens.news
Mitra Informasi

Sholat Ied Dilarang, Warga Geruduk Kantor Walikota

0 505

Inten.news, PALEMBANG – Kelompok massa yang tergabung dalam Forum Jaringan Cinta Masyarakat Palembang, mendatangani Kantor Walikota Palembang, Jum’at (07/05/2021) siang, melakukan aksi demonstrasi terhadap kebijakan Pemerintah Kota Palembang yang melarang kegiatan Sholat Ied di Masjid.

Koordinator aksi, Rahmat Sandi Iqbal mengatakan, kebijakan Pemkot Palembang kurang tepat, dikarenakan hanya masjid saja yang ditutup sementara kafe dan mall yang dianggap pusat keramaian tidak ditutup.

“Kenapa cuman hanya masjid yang ditutup, sedangkan tempat yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19 dan tempat kerumunan tidak ditutup atau dikondisikan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Forum Jaringan Cinta Masyarakat Palembang meminta kepada Pemkot Palembang untuk menutup pusat perbelanjaan Kota Palembang yang menjadi potensi penyebaran virus Covid-19, serta menindak tegas sesuai dengan Perda yang telah dikeluarkan oleh Pemkot Palembang terhadap tempat-tempat yang masih buka yang mengundang keramaian serta mengakibatkan meningkatnya penyebaran covid 19.

Tak hanya itu, mereka juga meminta Walikota berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memanggil dan memeriksa serta segera tetapkan tersangka untuk pemilik mall yang diduga tempat usahanya mengundang keramaian yang menyebabkan meningkatnya penyebaran covid 19. Hal ini sesuai dengan UU Karantina wilayah Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018.

“Kita juga meminta Walikota Palembang untuk mengkaji ulang terkait Kebijakan Pemerintah yang melarang pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di seluruh masjid di Kota Palembang,” harapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Palembang juga dinilai lemah dan kurang tegas terhadap tempat- tempat keramaian seperti cafe dan mall, karena sampai hari ini masih buka seperti biasa padahal menjelang hari raya Idul Fitri ini ditempat-tempat tersebutlah yang diduga kuat menjadi pusat meningkatnya penyebaran virus covid 19.

Dalam aksi yang dilakukan, Forum Jaringan Masyarakat Cinta Palembang memberikan hadiah berupa sejadah untuk Walikota Palembang dengan harapan agar Walikota Palembang tetap rajin sholat sesuai dengan programnya sholat subuh berjamaah.

“Agar beliau melakukan sholat ied dirumah, dikarenakan beliau telah memprogramkan sholat ied tahun ini dirumah juga program subuh berjamaah,” ujar Rahmat Hidayat dalam penutupan orasi.

editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More