intens.news
Mitra Informasi

Siap-siap, PGRI Palembang Bakal Rolling Kepala Sekolah

0 18

Intens.news, PALEMBANG – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palembang dalam waktu dekat segera melakukan rolling dan pergantian Kepala Sekolah dikarenakan habis masa jabatannya selama 4 Tahun. Pergantian ini sebagai penyegaran dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan.

Sekretaris PGRI Palembang Herman Wijaya mengatakan, para kepala sekolah yang akan di rolling nanti diharapkan bisa mengayomi bawahan, bekerjasama, serta meningkatkan kemajuan dunia pendidikan dibawah naungan PGRI.

Selain itu, kata Herman, para calon kepala sekolah ini juga sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah.

Herman menuturkan, peran kepala sekolah sangat penting tak hanya dalam manajemen sekolah. Melainkan juga juga untuk mengembangkan mutu pendidikan dan memotivasi siswa. Dengan demikian, seorang kepala sekolah dituntut untuk kreatif dan inovatif.

“Kunci berkembangnya pendidikan itu ada di inovasi. Makanya, guru dan kepala sekolah harus inovatif yang dituangkan dalam pengajaran di kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler,” tuturnya.

Demi kemajuan sekolah sekolah dibawa naungan PGRI, pemerintah daerah berkomitmen untuk mencapai target kinerja dan juga harus bertanggung jawab dari setiap kegagalan. Menurut dia, meningkatkan akuntabilitas kerja dibutuhkan untuk mengatasi kecenderungan menurunnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Kita harus terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, efektivitas, efisiensi, dan produktivitas kinerja aparatur pemerintah daerah. Selain itu, transparansi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah juga kini juga menjadi tuntutan, demi mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme,” katanya.

Sementara itu Hasanuddin selaku Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan(YPLP) PGRI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengatakan, saat ini untuk kemajuan pendidikan di lingkungan PGRI, pihaknya melakukan terobosan agar mutu pendidikan lebih baik lagi.

“Terobosa yang akan dilakukan YPLP PGRI Provinsi Sumsel yakni memperbaiki sarana dan prasarana gedung sekolah, kwalitas Kepala Sekolah,guru dan melakukan promosi sekolah,”ujarnya

Satu terobosan yang penting untuk kemajuan sekolah, YPLP  PGRI Provinsi Sumsel akan melaksanakan diklat-diklat calon kepala sekolah. Program ini dilakukan secepatnya, sehingga bermakna bagi sekolah dan keberadaan YPLP PGRI.

“Selama ini miskin kader-kader calon kepala sekolah karena salah satu persyaratan menjadi calon Kepala sekolah harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) dan juga akan melakukan pelatihan-pelatihan bagi guru mata pelajaran serta simulasi lainnya,” jelasnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More