intens.news
Mitra Informasi

Sinergitas Tidak Bersinergi

0 12

Akhir-akhir ini kata bersinergi kian ramai menghiasi media massa. Sinergi dalam bahasa inggrisnya Synergy dalam kamus besar bahasa Indonesia yakni kegiatan atau operasi gabungan. Namun, secara umum sinergi diartikan menjalankan kegiatan dari berbagai institusi atau lembaga pemerintah-non pemerintah, untuk mencapai tujuan yang sama.

Sinergi memang sangat penting dilaksanakan, mengingat Indonesia saat ini sedang dalam bencana Covid-19 yang belum juga berakhir. Sinergitas mencegah penyebaran virus corona terlihat dari upaya masif seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, memperbanyak mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

Sinergi dalam kalimat diatas sangat mudah di pahami daripada memahami kata Sinergi secara tunggal. Meski Sinergi sendiri memiliki maksud dan makna yang berbeda kalau di gunakan menjadi istilah lain dalam tanda kutip.

Sinergitas dengan tambahan kata “itas” dapat pula diartikan kerjasama unsur atau bagian atau fungsi atau Instansi atau lembaga yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar daripada dikerjakan sendiri. Sinergitas dalam capaian hasil berarti kerjasama berbagai unsur atau bagian atau kelompok atau fungsi atau instansi atau lembaga untuk mendapat capaian hasil yang lebih baik dan lebih besar. Dan ternyata, kata “Sinergitas” tidak di temukan dalam kamus besar bahasa Indonesia. Yang ada adalah Sinergi, bersinergi, dan mengnyinergikan, yang artinya melakukan kegiatan atau operasi gabungan.

Meski kata Sinergitas tidak masuk dalam kamus besar bahasa Indonesia, masyarakat pembaca tetap saja menerima hal tersebut dan memaknainya dengan pemahaman yang berbeda-beda. Bahasa memang harus dipahami sesuai kaidah, agar tidak salah paham atau salah makna.

Dewasa ini, semua lembaga pemerintah dan non pemerintah secara serentak mengusung kata Sinergi dalam setiap kegiatannya. Polisi bersinergi dengan pers dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka penegakan hukum. Pemerintah bersinergi dengan seluruh steakholder untuk membangun kota atau kabupaten yang lebih baik.

Artinya, sinergi merupakan niatan baik untuk saling mendukung antar lembaga, antar kelompok, bahkan antar tokoh masyarakat dalam rangka mencapai tujuan yang sama. Sayangnya, tujuan yang akan dicapai tersebut ketika di analisa lebih jauh lagi, sangat berbeda dengan niat awal yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, Polisi memberantas jaringan peredaran narkoba bersinergi dengan LSM anti narkoba. Dalam kerjanya, Polisi akan menangkap para pengguna dan bandar narkoba kemudian mencebloskannya ke penjara. Sedangkan LSM anti narkoba bekerja dalam rangka mengedukasi atau mendidik masyarakat untuk menjauhi narkoba. Dan jika LSM anti narkoba menangkap  para pengguna dan bandar narkoba, jelas tidak dibenarkan dan menyalahi tupoksinya.

Atau contoh lainnya, Polisi bersinergi dengan pers dalam rangka membangun informasi faktual dan mengantisipasi tersebarnya berita hoax. Polisi kemudian bekerja menangkap pelaku penyebar berita hoax. Pers kemudian memberikan edukasi kepada pembaca bahwa Pers hanya memberitakan fakta. Pembaca juga  harus jeli, apakah media tersebut dikelola oleh perusahaan pers berbadan hukum dan telah lolos verifikasi dari dewan pers atau bodong.

Dan jika kemudian Polisi menghalangi pers melaksanakan tugasnya akan berhadapan dengan negara. Karena tugas pers di lindungi oleh negara dalam bentuk institusi hukum dan perundang-undangan yang tegas.

Kembali pada judul diatas yakni Sinergitas Tidak Bersinergi, mungkin saja terjadi di lembaga-lembaga tempat kita bekerja. Baik Pers, Kepolisian, Pemerintahan, Kejaksaan, lembaga bisnis, dan lainnya.  Para pimpinan mungkin memahami maknanya hingga dapat merealisasikan Sinergi tersebut dalam bentuk kegiatan  bersama, tidak sekedar kata.

Sayangnya, banyak yang kurang memahaminya hingga terjadi miss communication antar lembaga satu dengan lainnya. Hingga sinergi yang diharapkan dapat memberi dampak besar dan cost yang murah, akhirnya berbalik menjadi masalah besar. Akibat tidak pahamnya oknum di lembaga tersebut tentang pentingnya sinergi yang dimaksudkan. Semoga kedepan Sinergi yang dibangun terus mengnyinergikan antar lembaga guna mencapai tujuan bersama. Wallahu’alam. (****)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More