intens.news
Mitra Informasi

Soal RUU Praktik Psikologi, Himpsi Sumsel Bilang Begini

0 40

Intens.news, PALEMBANG – Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Praktik Psikologi tidak dapat dilakukan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) saja, tetapi juga dibutuhkan peran dari beberapa Kementrian lain.

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Sumatera Selatan (Sumsel), Muhammad Uyun menjelaskan, sebelum disahkan, penyusunan RUU Praktik Psikologi butuh banyak sekali masukan dari berbagai lini.

“Hari ini kita melakukan penguatan RUU Praktik Psikologi dibawah perwakilan Sumatera Selatan anggota DPD RI Komite III, Eva Susanti, beserta staff ahli hadir untuk memberikan masukan-masukan tentang RUU Praktik Psikologi ini,” ungkap Uyun, Sabtu (23/1/2021).

Menurut Uyun, masukan-masukan tersebut diharapkan mampu membuat produk menjadi totalitas, produk yang mampu memfasilitasi setiap praktek psikologi, baik psikologi, maupun ilmuwan psikologi.

“Antara lain persoalan perlindungan hukum, perlindungan hukum untuk psikolog, dan perlindungan hukum untuk masyarakat, sehingga pada saat RUU Praktik Psikologi ini nanti disahkan, tidak ada lagi hal-hal yang kurang pas, atau hal-hal yang masih tumpang tindih,” kata Uyun.

Karena, kata Uyun, faktanya, psikolog sementara ini mayoritas hanga berada di pusat-pusat kota saja, sianya belum terdapat psikologi.

” Padahal praktek psikologi ini sangat penting, karena dimana manusia muncul, disitulah prilaku muncul, ketika prilaku muncul, muncul juga persoalan, itulah mengapa pentingnya praktek psikologi, entah dalam keluarga, dalam dunia pendidikan, dan dalam dunia kesehatan,” jelas Uyun.

Lanjut Uyun, dalam kunjungan kerja anggota DPD RI Komite III, dalam hal ini yang disampaikan oleh staff ahli adalah, juga butuh peran dari berbagai Kementrian, seperti Kementrian Agama, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Sosial.

“Mudah-mudahan psikolog-psikolog bisa memberikan kemudahan dalam pelayanan praktek kepada masyarakat, Jika keempat kementrian tersebut terkoneksi didalam layanan praktek psikologi,” jelasnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More