intens.news
Mitra Informasi

Stop Kebiasaan Buang Air Besar di Sungai

0 53

Intens.news,PALEMBANG-Meski pemerintah telah cukup banyak membangun toilet umum, namun masih banyak warga yang membuang air besar di sungai. Untuk mengubah pola hidup tersebut, pemerintah melakukan sosialisasi dan bimbingan kepada para siswa sekolah dasar. Yang diharapkan, perubahan pola hidup tersebut dapat berubah seiring perkembangan anak.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Gandus, para tenaga kesehatan tersebut melaksanakan sosialisasi kepada para siswa SD Negeri 143 Palembang, sabtu (20/2/2021). Petugas Sanitarian Puskesmas Gandus, Neni Rosnaini mengatakan, saat ini masih banyak warga yang bertempat tinggal di pinggir sungai yang belum terbiasa menggunakan wc, dan lebih banyak buang air besar di sungai.

“Masih banyak masyarakat yang buang air besar di sungai, dan kami berusaha mengubah prilaku tersebut. Caranya dengan membimbing para anak-anak SD, hingga diharapkan prilaku tersebut dapat di tiru orang dewasa,” kata Neni.

Menurut Neni, sebenarnya sebagian besar warga rata-rata telah memiliki WC sendiri baik didalam rumah atau di luar rumah. Namun, masih banyak warga yang lebih memilih buang air besar di sungai.

“Pola hidup yang sehat memang harus di biasakan sejak kecil. Di harapkan saat mereka besar nanti anak-anak ini akan terbiasa menggunakan sanitasi yang baik,” ungkap dia.

Wakil kepala sekolah SD Negeri 143, Eni Maizar  mengungkapkan, para siswanya sebagian besar tinggal di pinggiran sungai. Dan sudah terbiasa menggunakan sungai sebagai tempat mandi, cuci, dan buang air besar. Padahal, di rumahnya mereka juga memiliki wc dan sanitasi sendiri.

“Hari ini para anak-anak memang sedang mengumpulkan tugas dan datang kesekolah. Jadi sekalian mereka juga mendengarkan sosialisasi dari tim kesehatan Puskesmas Gandus tentang pentingnya menggunakan sanitasi, dan menghentikan kebiasaan buang air besar di sungai,” kata dia.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More