intens.news
Mitra Informasi

Sultan Palembang Darusallam Apresiasi Gebrakan Aspenku

0 27

Intens.news, PALEMBANG – Atas nama Kesultan Raja Palembang Sultan Mahmud Badaruddin mengapresiasi apa yang dilakukan Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner Sumatera Selatan (Aspenku). Karena Aspenku telah melakukan suatu gebrakan yang mengangkat kembali hak kekayaan intelektual lokal.

“Iya, saya sebagai Sultan Palembang Darusallam sangat bangga terhadap Aspenku karena kekayaan hayati dam intelektual lokal dari zaman dahulu sebelum negara kesatuan republik Indonesia bahwa ini ada pepatahnya bahwa kami ada sebelum kamu ada, kamu ada karena kami akui ada, maka tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengakui kami,” tutur Sultan belum lama ini.

Kendati demikian, negara mengakui hak masyarakat dalam pasal 13 tentang kebudayaan dan dalam hal ini telah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apa yang telah dilakukan Aspenku untuk mewadahi dari adat dan istiadat perilaku tata boga makanan di zaman-zaman kesultanan Palembang Darussalam maupun di daerah lainnya Sumatera Selatan.

“Dengan adanya Aspenku maka kembali lagi terangkat jati diri Sumatera Selatan dalam tata boga. Seperti, makanan nasi minyak yang mana dalam hal ini kita melihat bahwa dinamika kaum muslimin dan muslimat di Kota Palembang sekarang wedding atau perkawinan banyak sekali yang makan berdiri dan minum sambil berdiri. padahal Rasulullah menganjurkan makan dan minum itu sambil duduk dan ini yang dilakukan oleh komunitas masyarakat Palembang makanan hidangan itu duduk ada yang ngobeng (melayani) hal ini lah dapat menciptakan kebersamaan,” jelas Sultan.

Sultan Palembang Darusallam pun sangat berharap, agar kedepannya Aspenku akan semakin jaya dan sukses dalam mengangkat Sumatera Selatan khususnya kekayaan lokal Palembang.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More