intens.news
Mitra Informasi

Sumsel Ekspor 135 Ton Kelapa Mentah 

0 16

Intensnews,PALEMBANG-Gubernur Sumsel Herman Deru melepas Ekspor Kelapa Mentah sebanyak 135 Ton yang di minta oleh Negara Thailand. Ekspor ini sendiri dilakukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Sriwijaya Agro Industri (SAI), Jumat (28/5/2021).

Direktur Utama PT. SAI, Arkoni, Kepala juga merupakan komuditas utama ekspor Sumsel. Hari ini ekspor kelapa yang dilakukan semuanya berasal dari Kabupaten Banyuasin.

“Kita hari ini ekspor 135 ton Kelapa Mentah yang tadi langsung di lepas oleh Gubernur Sumsel,” kata Arkoni diwawancarai.

Kata dia, Kepala Salah satu permintaan terbesar yang diterima Sumsel oleh negara lain. Tapi semua permintaan itu belum bisa dipenuhi. Luas Areal kelapa di Sumatera Selatan ada 65.242 hektar dengan produksi 57.570 Ton kopra.

“Kita sulit memehuni permintaan Kelapa karena ada keterbatasan. Tapi kedepan akan kita usahakan untuk bisa memenuhi semua permintaan kelapa iniz ungkapnya.

Bahkan, tidak hanya kelapa mentah yang dipinta negara tetangga seperti Thailand. Permintaan sabuk, Batok, dan bahkan santan kelapa juga banyak di minta negara lain agar di jual ke mereka.

“Kami sampaikan yang baru dikirim ini barang mentah, lebih dari itu kami mendapat permintaan sabut, tempurung, dan santan. Kami harap petani lebih terbantu lagi jika batok kelapa dan sabut kelapa ikut dijual ekspor,” jelasnya.

Ditambahkan Gubernur Sumsel Herman Deru yang mengapresiasi langkah PT. SAI untuk mengekspor kelapa. “Ini menjadi stimulun untuk petani kelapa dan berkembangnya industri kelapa di Sumsel. Tentu jangan hanya incar pasar Domestik, kita harus bisa jual ke luar (Ekspor),” tambahnya.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More