intens.news
Mitra Informasi

Tabrak Aturan, Ancam Tutup Agen E-Warung

0 22

Intes.news, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Empat Lawang mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) terhadap Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2021 bagi para agen E-Warung se Kabupaten Empat Lawang.

Acara yang dipusatkan di Hotel Kito Tebing Tinggi itu dibuka secara langsung  Kepala Dinsos Empat Lawang, Eka Agustina, Kamis (14/1/2021).

Ditegaskan Kadinsos, pelaksanaan rakor tersebut, adalah sebagai bentuk dalam pembinaan dengan para agen E-Warung. “Pertemuan ini, merupakan yang pertama kalinya kita gelar. Dimana tujuannya adalah untuk melakukan pembinaan dengan para agen E-Warung dalam menyalurkan program BPNT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Eka Agustina.

Ditegaskan olehnya, agen E-Warung diingatkan untuk melayani melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan baik. “Karena itulah, pemerintah memprogramkan BPNT ini adalah bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Serta memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, lanjut Kadinsos, semua agen E-Warung sudah diingatkan untuk tidak melanggar ketentuan dalam penyaluran bahan pokok ke KPM. Jika ditemukan ada yang melanggar, katanya pihaknya tak segan-segan untuk merekomendasikan untuk penggantian bahkan izin penyaluran manfaat program sembako berhak dicabut.

“Agen tidak boleh mempermainkan harga, kemudian jumlah barang yang diberikan harus sesuai kebutuhan KPM, agen juga tak bisa memaketkan barang atau mengharuskan KPM membeli satu paket barang, dan tidak ada biaya tambahan lainnya,” ujarnya.

Karena itulah, penyaluran BPNT melalui agen E- Warung kepada KPM harus sesuai dengan bahan pangan. Seperti dari karbon hidrat yakni beras atau sagu. Kemudian dari sumber protein hewani seperti telur ayam dan ikan. Dan sumber protein nabati serta vitamin dan buah-buahan.

“Jadi bantuan program sembako ini tidak bisa digunakan untuk pembelian selain dari ketentuan tadi. Jika ada yang keluar dari ketentuan ini, tolong laporkan ke kita (Dinsos, red) Empat Lawang,” terangnya.

Disebutkan Eka, yang tidak diperbolehkan di jual kepada KPM diantaranya, rokok, gula, minyak, pulsa termasuk juga kopi dan lain lain. “Saya tegaskan, apabila agen menjual barang yang tidak di sebutkan dalam ketentuan Kemensos, dianggap telah melanggar regulasi yang ditetapkan oleh Kemensos,” tegasnya.

Apa sanksi yang akan diberikan? Ia menjelaskan, pihaknya akan berkordinasi dengan yang ditunjuk pemerintah sebagi penyalur resmi program BPNT. “Termasuk mengenai kerjasama keagenan maupun pemilik agen yang tidak sesuai dengan aturan yang ada,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More