intens.news
Mitra Informasi

Tahun Depan, 4.500 Pegawai Non ASN Pemkot Bakal Dapat Jatah BPJS Kesehatan

0 12

Intens.news, PALEMBANG-Sebanyak 4.500 orang pegawai non ASN di Pemerintah Kota Palembang bakal mendapatkan BPJS Kesehatan gratis dari Pemkot Palembang, rencananya akan di mulai tahun anggaran tahun 2021.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Pemkot Palembang, Ratu Dewa kepada intens.news, kamis (10/9/2020). Menurut Ratu Dewa, program tersebut merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengatur peserta bagi Pekerja Penerima Upah (PPU) pegawai pemerintah.  Non Pegawai Negeri (PPNPN) atau Pegawai Non ASN.

Pemerintah kota Palembang , kata dia, melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah menyiapkan kebutuhan anggaran untuk membantu pegawai non ASN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Langkah ini dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai non ASN, dan uang jaminan kesehatan tersebut sepenuhnya dibayar pemkot dengan tidak memotong gaji mereka ,” tegas Dewa.

Dia menjelaskan, jika hal itu dilaksanakan, maka dapat dapat terjadi peningkatan rasio Universal Health Coverage (UHC) di Kota Palembang menuju rasio UHC 100%.

“Saat ini UHC Palembang telah diatas target Pemerintah Pusat mencapai 95,28% dari jumlah penduduk Palembang dan ke depan rasio akan terus ditingkatkan,” terang dia.

Untuk iuran, tambah dia, yang dibebankan kepada Non ASN akan diterapkan dengan sistem atau  mekanisme tanpa mengurangi gaji bersih yang diterima para pegawai dan pekerja.

“Tidak hanya pegawai bersangkutan yang diikutsertakan sebagai peserta BPJS Kesehatan JKN-KS. Tetapi anggaran, sudah termasuk untuk anggota keluarga. Yakni istri dan anak-anak pegawai,” tambahnya.

Semenatara itu, Kepala BKPSDM Palembang, Riza Fahlevi menyebutkan saat ini jumlah pegawai non ASN dilingkungan Pemkot mencapai 4.500 orang.

“Jumlah Pegawai Pemkot Palembang kurang lebih lebih 4.500 orang,” kata dia singkat.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More