intens.news
Mitra Informasi

Tak Ada Wisman Yang Berkunjung ke Sumsel

0 5

Intens.news, PALEMBANG – Selama pandemi Corona Virus Disease 2020 (COVID-19), penerbangan komersil langsung Internasional di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II ditutup akibat hal ini juga tidak ada satupun kunjungan dari Wisatawan Mancanegara. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih, Rabu (7/4/2021). 

Kata Endang, pada bulan Februari 2021 tidak ada wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Selatan melalui pintu masuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Hal ini disebabkan selama bulan Februari 2021 tidak ada penerbangan karena Bandara SMB II masih menutup jalur penerbangan Internasional.

“Dari awal tahun sampai akhir Februari lalu, tidak ada kunjungan wisman yang langsung datang dari luar negeri atau bukan penerbangan domestik,” kata Endang.

Endang pun memprediksi jika kunjungan wisman masih tetap nol pada bulan selanjutnya karena sampai saat ini juga SMB II belum membuka jalur penerbangan Internasional.

“Kemungkinan kunjungan ini masih tetap kosong sampai Bandara SMB II kembali membuka penerbangan Internasional. Tapi kalau Kunjungan Wisman dari jalur Domestik (Transit Jakarta) sudah ada,” ungkapnya.

Sedangkan, kata dia, untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia secara kumulatif Januari–Februari 2021 mencapai 254,23 ribu kunjungan. Kondisi ini menurun drastis sebesar 88,25 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 2,16 juta kunjungan.

“Kunjungan wisman Januari–Februari 2021 terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 8,84 ribu kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 77,76 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 167,63 ribu kunjungan,” kata Endang

Lanjutnya, Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Januari 2021, jumlah kunjungan wisman bulan Februari 2021 juga mengalami penurunan sebesar 14,74 persen. Jumlah kunjungan wisman bulan Februari 2021 terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 7,11 ribu kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 34,56 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 75,33 ribu kunjungan.

“Dilihat berdasarkan pintu masuk udara, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia bulan Februari 2021 mengalami penurunan sebesar 98,74 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman bulan Februari 2020,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More