intens.news
Mitra Informasi

Tak Lagi Dilayani DLHK, PD Pasar Siap Angkut Sampah Secara Mandiri

0 16

Intens.news, PALEMBANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang pada 2021 mendatang, menegaskan tidak lagi mengangkut sampah di pasar. Keputusan ini pun kini menjadi tantangan tersendiri bagi PD Pasar Palembang Djaya, selaku pengelola pasar.

Direktur Utama PD Pasar Palembang Djaya, Abdul Rizal, mengatakan pihaknya masih menunggu informasi lanjutan dari DLHK terkait pengelolaan sampah sendiri. Pihaknya pun kini tengah menyiapkan langkah antisipasi.

“Kita tunggu surat edaran resmi. Kalau pun tidak lagi, maka kita segera persiapkan langkah antisipasi khusus pengangkutan sampah di pasar yang kami kelola,” kata Rizal, Jum’at (23/10/2020).

Menurutnya, sampah di pasar keseluruhan terbilang sedikit. Namun pihaknya akan melakukan penghitungan secara cermat.

“kami hitung sampah pasar keseluruhan. Hitungan kami kalau khusus sampah pasar berkisar 2-3 mobil per hari. Tapi ada beberapa TPS di pasar yang bergabung dengan sampah masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk pengangkutan PD Pasar akan serahkan kepihak kedua. Untuk estimasi biaya yang harus dikeluarkan sewa mobil angkut sampah belum diperinci. “Nanti kita serahkan pihak kedua untuk proses pengangkutan sampah dari pasar ke TPS,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala DLHK Palembang, Alex Fernandus mengatakan, pihaknya kini tengah menggodok dan menyiapkan Peraturan Walikota (Perwali), mengenai pengangkutan sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dari turunan Peraturan Daerah (Perda) tahun 2015.

Poin dalam perwali tersebut merupakan hasil perubahan kebijakan Perda nomor 3 tahun 2015 tentang sampah rumah tangga dan sejenis sampah rumah tangga lainnya.

“Penetapannya mulai 2021 semua pasar, mall dan komersil harus mengangkut sampah sendiri ke TPA atau mereka kelola sendiri juga tak apa. Perwali soal ini sedang dalam proses,” kata Alex.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More