intens.news
Mitra Informasi

Tak Punya Hp,  Orangtua Murid SDN 143 Palembang Jemput Soal Ujian ke Sekolah

0 31

Intens.news, PALEMBANG – Belajar secara online menjadi solusi agar pendidikan formal untuk anak tetap berjalan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Namun pola seperti ini tidak berjalan mulus bagi sebagian orang, sebab kekurangan sarana berupa ponsel pintar (HP).

Problematika seperti ini dialami sejumlah siswa di Sekolah Dasar Negeri 143 Palembang. Di sana beberapa orangtua murid yang tidak memiliki ponsel pintar mengaku anaknya kesulitan mengikuti proses belajar dari rumah. Terlebih saat ini sedang dilaksanakannya ujian akhir sekolah di tingkat sekolah dasar (SD).

Berdasarkan pantauan pada US  hari ke -4 di sekolah dasar ini, beberapa orangtua yang tak memiliki ponsel pintar terpaksa datang ke sekolah untuk mengambil materi ujian Matematika. “Ini saya mengambil soal ulangan untuk anak. Ini saya enggak punya HP. Kami mengambil soal setiap hari dan setelah dikerjakan oleh anak saya dikembalikan lagi ke sekolah, kita juga mengikuti aturan yang telah ditetapkan sekolah yakni memakai masker, mencuci tangan, dan memakai hand sanitzer,” ujar Atun.

Kepala SDN 143 Palembang, Rismawati, mengakui, dari 158 anak didiknya yang mengikuti US ini ada beberapa yang orang tuanya terpaksa mengambil soal ke sekolah karena tak memiliki HP.

“Karena keterbatasan kemampuan orangtua tersebut, kata Risma, sebab  tidak semua orangtua memiliki daya dukung HP, maka kami memberikan kelonggaran, kemudahan kepada orangtua atau anak-anak itu untuk mengambil soal dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Bagi siswa  yang mempunyai HP mengerjakan soal melalui daring yang diberikan oleh pihak sekolah,” ujarnya

Sementara itu, Haironisa salah satu guru kelas VI  menjelaskan, sebelum US daring ini dilaksanakan dirinya telah melakukan  percobaan ujian sekolah online.

“Sesuai surat edaran dari Mendikbud terkait pembatalan UN, sekolah akan memberlakukan Ujian Sekolah daring. Jauh sebelum hari pelaksanaan US  kami lakukan persiapan termasuk percobaan US kepada siswa dan memang ada sejumlah kendala,” terangnya

“Keterbatasan sarana seperti tak memiliki HP merupakan salah satu kesulitan yang dialami selama masa percobaan ujian, Akibatnya siswa  saat  ujian percobaan tak tepat waktu,” tukasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More