intens.news
Mitra Informasi

Tiga Kali Mencuri di Tempat yang Sama, Pelaku Dihukum 1, 8 Bulan Kurungan

0 23

Intens.news, PALEMBANG- Safrin Candra alias Rama terdakwa yang sudah melakukan tiga kali pencurian dalam setahun ini akhirnya diganjar oleh majelis hakim  dengan hukuman 1 Tahun 8 bulan kurungan. 

Amar putusan tersebut dibacakan langsung oleh hakim ketua Yohanes Panji secara virtual  di ruang Sidang Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus siang ini Rabu (25/11).

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan yang  diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum ( JPU) Syarif Sulaiman dengan hukuman 2 tahun 6 bulan penjara.

“Dengan ini kami menimbang bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pencurian sesuai dengan pasal 363 ayat 1 KUHP,” ucap Hakim Ketua Yohanes saat sidang berlangsung.

Menurutnya hal-hal yang meringankan terdakwa ialah terdakwa mengakui kesalahannya serta bersikap sopan selama persidangan.

“Hal-hal yang memberatkan bahwa terdakwa terbukti bersalah serta perbuatan terdakwa telah meresahkan dan merugikan masyarakat sekitar,” terang hakim Yohanes.

Mendengar putusan tersebut terdakwa tanpa yang tanpa  didampingi kuasa hukum ini pun menerima hukuman tersebut” iya pak saya terima,” ucapnya.

Dengan demikian sidang pun dinyatakan selesai dan ditutup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Kota Palembang.

Untuk diketahui dalam dakwaan dijelaskan bahwa terdakwa ditangkap di Jalan Slamet Riyadi tepatnya di Ex Puskesmas Pelabuhan Bom Baru Kota Palembang pada Juli 2020 lalu.

Kejadian bermula Pada saat terdakwa Safrin berhasil melakukan pencurian sebanyak tiga kali di  Ex Puskesmas Pelabuhan Boom Baru. Pencurian pertama terdakwa berhasil mengambil satu buah kusen dan satu buah daun pintu.

Barang hasil pencurian pertama tersebut, ia jual ke Pasar Cinde dan  mendapatkan uang sebesar Rp 150 ribu.

 Tak jera terdakwa kembali melakukan pencurian di tempat yang sama dan kembali mengambil satu buah pintu dan  satu buah jendela kemudian kembali menjualkannya di pasar Cinde.

Geram barang- barang bangunan hilang, pihak petugas bangunan dari PT Pelindo pun mulai melakukan pengamanan ketat.

Sehingga pada saat ketiga kalinya terdakwa hendak mencuri 30 buah keramik dari tempat yang sama. Terdakwa pun ketahuan dan ditangkap oleh karyawan yang sedang bertugas saat itu.

Usai terdakwa ditangkap iapun dibawa ke Polsek setempat untuk diperiksa dan ditindaklanjuti. Akibat perbuatannya, PT Pelindo mengalami kerugian sebesar Rp 3,5 juta.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More