intens.news
Mitra Informasi

Tiga Kecamatan Direkomendasi Pengembangan Kawasan Cagar Budaya

0 90

Intens.news, PAGARALAM – Usai melakukan survey sekaligus kajian situs cagar budaya, dimulai pada 10-14 Februari 2020, didapat sejumlah Kecamatan yang memiliki karakteristik dan jumlah cukup banyak sebagai kawasan cagar budaya. Ada tiga wilayah Kecamatan, yaitu Dempo Selatan, Dempo Utara dan Pagaralam Selatan.

“Pentingnya dilakukan kajian sebagai langkah study kelayakan kedepannya yang bertujuan pengembangan kawasan cagar budaya yang ada di Pagaralam oleh Pemerintah kota,” ujar Kasi Cagar Budaya dan Museum Disdikbud Pagaralam, Ichan Pebrianto, Selasa (25/2/2020).

Ia mengatakan, kegiatan ini juga menindaklanjuti arahan Walikota Pagaralam, yang memiliki visi misi untuk mengangkat asset budaya, serta mempromosikan nama Pagaralam di sektor wisata budaya.

Jadi, setelah dilakukan survey dan kajian, pihak Disdibud Pagaralam merekomendasikan wilayah kecamatan untuk dikembangkan kawasan cagar budaya. “Yaitu, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kecamatan Dempo Utara, dan Kecamatan Dempo Selatan,” katanya.

Ditambahkan Arkeolog Bidang Kebudayaan, Ronaldi, dari hasil kajian kawasan cagar budaya tersebut dapat diketahui bahwa Kecamatan Dempo Utara merupakan kawasan dengan kandungan cagar budaya terbanyak dengan jumlah 32 objek megalitik.

Kecamatan Pagaralam Selatan memiliki 31 objek megalitik, sedangkan Kecamatan Dempo Selatan memiliki 27 objek megalitik. Dia juga menilai, Kecamatan Pagar Alam Selatan menjadi pilihan pertama karena memiliki faktor kelebihan antara lain aksesibilitas lokasi yang mudah dijangkau, Sumber Daya Manusia yang siap dan tersedia, sarana dan prasarana cukup memadai.

“Terpenting memenuhi kriteria dari Undang-Undang No.11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya,” jelasnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More