intens.news
Mitra Informasi

Tiga Pendaki Gunung Dempo Alami Hipotermia, Salah Satunya Perempuan

0 968

Intens.news, PAGARALAM – Tim gabungan dari BPBD, Basarnas, dan sejumlah komunitas pecinta alam Pagaralam, mengevakuasi tiga orang pendaki puncak Gunung Api Dempo (GAD).

Ketiga orang yang dievakuasi tersebut adalah Cica Anjani (17), perempuan warga Desa Sumber Jaya dan Putra Wijaya (17), warga Lahat serta Defa (17), warga Pagaralam. Ketiganya dievakuasi lantaran mengalami penurunan suhu tubuh atau hipotermia.

Menurut keterangan Kusmanto, salah satu tim evakuasi, bahwa ketiga pendaki ini terkena hipotermia ketika dalam perjalanan pulang atau turun dari puncak Dempo lewat jalur tugu Rimau. Awalnya mereka ini ada enam orang berangkat pada 28 Oktober melalui jalur pintu rimba kampung IV.

“Dan ketika mau turun, tepat di shalter 2 beberapa di antaranya ada yang kena hypo sehingga tiga orang melanjutkan turun untuk mencari bantuan,” jelas Kusmanto, kepada Intens.news, Jum’at (30/10/2020).

Mendapati laporan dari temannya tersebut, kata dia, tim pun langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Alhasil ketiganya mampu dibawah turun. Satu di antara mereka yakni Cica Anjani, terpaksa dilarikan ke RSUD Besemah untuk mendapatkan pertolongan medis. Karena sampai di tugu Rimau belum juga sadarkan diri.

“Dan sekarang korban sudah sadar dan sudah diajak pulang orangtuanya,” jelas Kusmanto.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More