intens.news
Mitra Informasi

Tindak Tegas Pelaku Usaha Gunakan Formalin

0 25

Intens.news,PALEMBANG – Pemkot Palembang tampaknya tidak memberi ampun ke pada para pelaku usaha atau para pedagang yang memakai bahan berbahaya seperti formalin atau lainnya.

“Pasar ataupun rumah makan yang terkait dengan industri pangan harus betul-betul menjaga kualitasnya. Kita tidak memberikan keringanan bagi yang melakukan pelanggaran, misalnya dengan menjual produk yang mengandung bahan berbahaya seperti zat berformalin atau lainnya. Jika ketahuan dan terbukti, pasti kita cabut izin usahanya!. Untuk masalah pidana diserahkan kepada pihak yang berwajib, ancamannya sampai 5 tahun penjara,” ungkap  Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda atau biasa disapa Finda, Rabu (14/08/2019).

Karenanya, lanjut Finda, dalam upaya menciptakan pasar aman dari bahan berbahaya. Pemkot Palembang bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, hari ini mengadakan Advokasi Komitmen dengan PD Pasar Djaya.

Menurut Finda, penekanan pasar aman dari bahan berbahaya tidak bisa lagi ditunda-tunda, harus dijalankan sekarang. Pihaknya pun sudah  menyerahkan sepenuhnya Test Kit untuk uji cepat terhadap 4 parameter bahan berbahaya yaitu rhodamin B, methanyl yellow, boraks, dan formalin, dari BBPOM ke PD pasar, untuk mengecek produk yang dijual memakai bahan berbahaya atau tidak.

“Di Palembang ada 21 pasar yang dikelola PD Pasar. Memang saat ini baru ada 3 pasar yang diberi Test Kit. Nah kedepan kita anggarkan tiap pasar untuk Test Kit tersebut, pasar yang mendapat Test Kit tersebut akan diberikan pelatihan cara penggunaannya,” bebernya.

Sementara itu Kepala BBPOM Palembang, Hardaningsih, mengatakan, sudah sejak tahun 2014  bekerjasama dengan pemkot untuk program pasar aman dari bahan berbahaya.

“BBPOM mendorong kemandirian bagi para pelaku usaha agar tidak menjual bahan berbahaya, kita akan memberikan penghargaan kepada pasar yang bebas dari bahan berbahaya,” singkatnya.

Editor: Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More