intens.news
Mitra Informasi

Tingkat Keampuhan Vaksin Sinovac Lebihi Standar WHO

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Angka tingkat keampuhan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebesar 65,3 persen. Angka itu melebihi standar dari World Health Organization (WHO) yang harus 50 persen.

“Artinya, vaksin itu sudah dapat disalurkan. Kemarin versi BPOM keluar 65,3 persen, secara izin versi WHO vaksin sudah boleh digunakan,” ungkap Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Yuwono, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, tingkat keampuhan vaksin Sinovac dapat diukur dari tiga unsur kelayakan seperti keamanan. Orang yang akan disuntik vaksin tidak akan menimbulkan gejala yang berat. Kedua, Imunogenisitas yang dihasilkan mampu memicu antibodi berkisar 90 persen usai disuntik. Selanjutnya, afeksi dari vaksin sebesar 65 persen menandakan tingkat keampuhannya.

“Angka 65 persen menandakan dari 100 orang yang divaksin ada sekitar 35 persen yang masih memungkinkan tertular. Artinya jangan terkejut jika ada yang masih bisa terpapar virus COVID-19,” ujarnya.

Yuwono menjelaskan, izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM sangat diperlukan untuk meyakinkan masyarakat. Pemerintah diminta mensosialisasikan bagaimana tingkat keampuhan ke masyarakat.

“Orang-orang yang mau divaksin harus benar-benar clear, diberitahukan masih ada kemungkinan terpapar COVID-19,” jelasnya.

Awalnya, untuk di suntik vaksin Sinovac, Direktur Rumah Sakit Pusri itu mengatakan masih berpikir ulang, sebab belum menemukan tanda jika vaksin itu siap untuk diberikan. Namun setelah keluar hasil uji dari BPOM dan LLPOM MUI mengenai keamanan vaksin, dirinya menyatakan siap jika harus menjadi orang yang disuntik dan menyuntik.

“Sekarang tinggal tergantung prioritas dan pemberitahuan pemerintah ke saya untuk divaksinasi,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More