intens.news
Mitra Informasi

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkot Terapkan Budidaya Ikan Mina Padi

0 28

Intens.news, PAGARALAM – Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, menyerahkan secara simbolis bantuan benih dan pakan ikan pada kegiatan pengembangan budidaya ikan mina padi, di Dusun Tanjung Payang Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pagar Alam Selatan, Senin (19/10/2020).

Walikota dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkot Pagar Alam dalam meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid 19. Melalui mina padi, petani dapat memanfaatkan lahan semaksimal mungkin, sehingga menghasilkan 2 jenis manfaat sekaligus dalam satu waktu di lahan yang sama.

“Sebenarnya, sistem mina padi ditempat kita sudah ada sejak dahulu. Saya ingat waktu saya masih sekolah dulu, pernah “Ngucul” (nebar) ikan di lahan padi yang baru ditanami, saat padi mulai dikeringkan, ikan dipanen, jadi mendapat dua keuntungan,” ungkap walikota.

Wako mengatakan, keunggulan mina padi tersebut kini diterapkan Pemkot Pagar Alam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagar Alam, agar ketahanan pangan terus meningkat.

Maka dari itu, kata Wako, Pemkot mengajak agar masyarakat, terutama yang tergabung di dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), dapat bersinergisitas dengan pemerintah agar setiap program yang dijalankan pemerintah dapat berjalan sukses.

Sementara, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagar Alam, Hj Zaitun menambahkan, penyerahan tersebut diterima beberapa Pokdakan yang ada di Kota Pagar Alam.

Jumlah yang diperbantukan yakni sebanyak 160 ribu ekor ikan nila, yang bersumber dari APBN yang pernah diajukan walikota kepada pemerintah pusat Selain itu, Pemkot juga mengucurkan bantuan benih dan pakan ikan dengan nilai mencapai Rp788.7 juta yang diterima Pokdakan Se Kota Pagar Alam.

“Sehingga bantuan turun melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi, dibawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunyamin, salah seorang Pokdakan mengungkapkan rasa syukur, sebab bantuan pemerintah baik melalui sistem mina padi maupun bantuan pertanian lainnya, sangat dirasakan masyarakat.

“Terutama dalam peningkatan pertanian dan perikanan di Kota Pagar Alam,” tukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More