intens.news
Mitra Informasi
intens hari raya

Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Sumsel Gandeng Insan Pers 

0 27

Intens.news,PALEMBANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel, Iin Irwanto menilai keterlibatan insan pers dalam rangka melakukan pengawasan partisipatif pada pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu) sangat penting. 

Hal ini diungkapkannya disela-sela acara Tadarus Pengawasan dalam rangka Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Jurnalis Provinsi Sumatera Selatan, di The Zuri Hotel, Senin (03/05/2021).

Iin mengatakan, insan pers merupakan komponen yang strategis dalam rangka ikut mensukseskan pengawasan partisipatif yang merupakan program dari Bawaslu.

“Saya pikir media adalah pihak yang strategis dalam melakukan pengawasan partisipatif melalui informasi yang disampaikan media tersebut,” katanya.

Iin menambahkan, melalui peranan insan pers diharapkan Pilkada dan Pemilu yang akan dilaksanakan beberapa tahun mendatang terlaksana dengan baik dan berkualitas, melalui edukasi dan informasi yang disampaikan oleh insan pers.

“Kami menyadari bahwa dalam melakukan pengawasan partisipatif ini tidak cukup jika hanya mengandalkan SDM internal Bawaslu, tentunya peranan masyarakat juga dibutuhkan. Untuk itu melalui informasi dan edukasi yang disampaikan insan pers kepada masyarakat, diharapkan Pilkada dan Pemilu yang berkualitas dapat terwujud,” ujarnya.

Selain itu, Iin juga mengajak masyarakat secara tegas menolak politik uang.

“Kita dorong masyarakat untuk menolak politik uang yang seringkali menjadi isu sentral dalam pelaksanaan Pilkada dan Pemilu. Maka dari itu, kita imbau peserta Pilkada tidak melakukan politik uang, dan masyarakat kami minta untuk tidak terlibat dalam politik uang,” tutupnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More