intens.news
Mitra Informasi

UIN Raden Fatah Mulai Terapkan 100 Persen Kuliah Daring

0 32

Intens.news, PALEMBANG – Wakil Dekan I Fisip Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Yenrizal, menuturkan terkait perkuliahan online di semester ganjil tahun akademik 2020-2021 sudah dilakukan pembenahan juga penyempurnaan sistem dibandingkan semester genap tahun akademik 2019-2020.

UIN Raden Fatah Palembang, memastikan menerapkan 100 persen kuliah dalam jaringan atau daring, pada semester gasal tahun akademi 2020-2021 untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Pada semester genap 2019-2020 lalu masing-masing dosen masih menggunakan aplikasi beragam, mengingat sistem saat itu belum sempurna karena perkuliahan daring dimulai di pertengahan semester. Kalau sekarang semua sudah 100 persen online. Tidak boleh ada kegiatan perkuliahan di kampus, semua secara virtual,” jelas Yenrizal, Sabtu (24/10/2020).

Kuliah online, kata dia, membentuk kebiasaan hidup yang baru termasuk dalam sistem pendidikan, karena semua kegiatan memiliki data digital. Yenrizal menambahkan, untuk kehadiran atau presensi akan terekam pukul berapa dosen maupun mahasiswa itu hadir. Begitu juga sistem penilaian tidak ada yang dimasukkan secara manual, semua dilakukan secara digital.

“Jadi untuk dosen memang harus benar-benar mempersiapkan kelasnya, karena materi yang akan diajarkan harus di upload ke e-learning. Tidak ada lagi istilah semua sudah di kepala dan saat kelas dimulai materi baru disampaikan,” kata dia.

Sementara itu, Dekan Fisip UIN Rafen Fatah, Izomiddin, mengingatkan agar dosen benar-benar memahami sistem perkuliahan online 100 persen ini.

“Mahasiswa dilarang ke kampus untuk kuliah, dan dosen juga tidak diperkenankan untuk mengadakan pertemuan dengan mahasiswa. Apalagi yang menimbulkan keramaian,” tegasnya.

Masa perkuliahan semester ganjil di UIN telah resmi dimulai sejak Senin (19/10/2020), ditandai dengan kuliah iftitah yang diadakan secara daring dengan menghadirkan dosen tamu. Direncanakan perkuliahan semester ganjil ini akan berlangsung hingga 6 Februari 2021.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More