intens.news
Mitra Informasi

Update Corona 2 April 2020 di Sumsel: Jumlah Pasien Positif Melonjak 11 Orang

0 219

Intens.news, PALEMBANG – Jumlah pasien positif virus Corona Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) terus bertambah. Total, hingga saat ini sudah ada 11 warga Sumsel yang dinyatakan positif, dengan dua di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN) pada Kamis petang (2/4/2020), jumlah pasien positif corona di Bumi Sriwijaya bertambah enam orang.

Dengan tambahan pasien terkonfirmasi asal Sumsel tersebut, untuk jumlah orang positif Covid-19 di Indonesia saat ini sebanyak 1.790 orang. Pasien sembuh 112 dan meninggal 170 orang.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumsel, Yowono mengatakan, kalau sudah berpatokan dengan Pemerintah pusat berarti data tersebut confirmed. “Patokannya kalau sudah diumumkan pusat berarti confirmed,” kata dia.

Menurut Yuwono, setiap ada transmisi lokal yang positif terinfeksi virus Corona, berarti wilayah tersebut sudah masuk dalam zona merah.

“Secara hitungan epidemiologi sudah saya sampaikan, bahwa bila ada yang wafat dan positif dua orang, berarti kita mestinya menemukan positif 50 sampai dengan 100 orang. Disini pentingnya gerakan massive pemerintah untuk temukan kasus dan kemudian lock (lokalisir). Termasuk boleh dikatakan ada transmisi lokal berarti zona merah agar warga di sekitar lebih waspada,” ungkapnya.

Dikatakan Yuwono, sejauh ini Pemerintah telah berusaha dua hal untuk menemukan sebanyak-banyaknya kasus. Seperti pemeriksaan melalui BBLK dan rumah sehat Covid 19 di Jakabaring. Selebihnya tracking semua orang yang kontak dengan kasus.

“Logikanya demikian karena 1 kasus positif kemungkinan kontak erat 20 orang. Dan dari 20 orang kontak erat bisa 2 yang positif (dua kali lipat),” jelasnya.

Sebelumnya, dikatakan oleh Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Zen Ahmad, bahwa tiga pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona dan menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang kondisinya mulai membaik, dan saat ini masih menjalani perawatan oleh tim medis. Bahkan, pasien tersebut sudah tidak menggunakan alat bantu pernapasan.

“Kondisi ketiganya sudah mulai membaik dan sehat, suhu ketiganya juga sudah normal semua, bahkan saat ini sudah tidak menggunakan alat bantu pernapasan lagi, jadi semuanya bagus,” ujarnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More