intens.news
Mitra Informasi

Veteran di Empat Lawang Kurang Perhatian Pemerintah, M Zen : Kalau Kami Sakit Bayar Sendiri

0 7

Intens.news, EMPAT LAWANG – Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945 lalu tidak luput dari pengorbanan jiwa dan raga para veteran yang juga ikut bersumbangsi untuk kemerdekaan Republik Indonesia dan sudah selayaknya mendapatkan perhatian dan penghargaan tanda jasa bagi pahlawan kemerdekaan ini.

Kendati demikian, tidak sedikit veteran merasa kecewa ataupun mengeluh kepada pemerintah yang tidak menghiraukan keberadaannya, seperti yang diungkapan Ketua LKVRI Empat Lawang, Serka M Zen, meminta pemerintah untuk perduli akan keberadaan veteran di Empat Lawang yang selama ini jarang mendapatkan bantuan, berupa sembako dan uang dari pemerintah setempat, padahal menurut Serka M.Zen tanpa perjuangan dan pengorbanan dari mereka veteran pahlawan negara, mungkin generasi saat ini tidak akan dapat menikmati kemenangan ini.

“Aku ini Ketua veteran, ada SK nya, tapi kami kurang diperhatikan oleh pemerintah selain itu juga jaminan kesehatan bagi veteran itu pun tidak ada, kalau kami sakit ya harus bayar sendiri,” ucapnya, Rabu (18/8/2021).

Ditambah lagi, kata Serka M.Zen, di masa pandemi covid-19 veteran yang berada di Empat Lawang tidak pernah mendapatkan bantuan sembako hanya saja mendapatkan bantuan satu kali dalam setahun berupa pakaian.

“Ditambah lagi covid ini, kami hanya dapat satu tahun satu kali, itu pun berupa pakaian seragam, kain sarung dan uang transport seadaanya apabila mengikuti upacara HUT RI dan hari pahlawan,” cetusnya.

Begitu juga yang dikatakan Janda Veteran Zubaida (63) mengatakan, sejauh ini belum pernah mendapatkan bantuan. “Ibu belum pernah dapat bantuan apapun, ya saya berharap dapat bantuan dan kepingin sekali mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Ditambahkan lagi, veteran yang berasal dari Desa Terusan mengungkapkan, perlunya perhatian dari pemerintah untuk para veteran yang ada di Empat Lawang .

“Manulakan perlu ekstra puding untuk sehat, kami tidak pernah dapat bantuan karena kurangnya perhatian dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos)  Eka Agustina mengatakan, untuk penghargaan yang diberikan kepada veteran itu akan dilakukan pada hari pahlawan nanti berupa bingkisan dan uang transport yang akan dilaksanakan pada 11 November mendatang

Dikatakan Eka, Semenjak Covid-19 bantuan untuk veteran itu di 11 November khusus hari pahlawan dan untuk 17 Agustus itu memang tidak ada.” Biasanya dulu sebelum covid adanya malam kenegaraan, jadi dibawah tahun 2019 itu ada malam kenegaraan,” katanya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More