intens.news
Mitra Informasi

Wajib Tahu, Ini Sederet Manfaat Lari di Sore Hari

0 4

Intens.news, PALEMBANG – Tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga lari di pagi hari. Kesibukan menyiapkan keperluan di awal hari, pekerjaan dan lainnya membuat sebagian orang memilih lari di jam usai bekerja atau sore hari.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Irfanuddin, menjelaskan lari yang dilakukan sore hari sama baiknya seperti lari di waktu pagi.

“Karena di saat sore hari atau pukul 16.00 -18.00 WIB udara terasa sejuk dan tubuh berada pada puncak performanya, sehingga aktivitas olahraga yang dilakukan pun akan lebih efektif,” ungkapnya, Rabu (16/9/2020).

Menurut Irfan, sebaiknya lari di sore hari dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh dan tidak berlebihan

“Durasi lari berkisar antara 30-60 menit. Sebelum lari pun harus melakukan pemanasan dan setelahnya harus ada pendinginan,” katanya.

Namun tidak hanya itu saja, saat lari pun harus menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Pakai sepatu yang bertali. Karena olahraga itu sangat penting untuk kesehatan tubuh, jika kurang bergerak maka tubuh akan menjadi lesuh dan lemas.

“Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menguatkan otot dan tulang, olahraga lari juga bisa membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan” jelasnya

Tak hanya itu, lari juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Karena usai berolahraga, energi dimobilisasi sehingga tubuh mengalami fase pemulihan (recovery) mengeluarkan hormon dari otak yang mengistirahatkan tubuh. “Jadi, biasanya paginya akan lebih segar karena sore harinya sudah berolahraga dan tidurnya berkualitas.” tutupnya

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More