intens.news
Mitra Informasi

Wakil Walikota Inspeksi Langsung Kantor Dukcapil yang Kebakaran

0 12

Intensnews.PALEMBANG-

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun mengalami musibah kebakaran di hari Rabu (17/11/21) pada pukul 16.00 WIB.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau langsung dampak dan kerusakan yang terjadi paska kebakaran terjadi.

Tampak kaca lantai 2 gedung pecah akibat panas dan upaya pemadaman, tembok sedikit bercak hitam akibat gosong terbakar api, serta busa dan air yang digunakan untuk mematikan api masih tersisa.

Kebaran terjadi di ruang server Dukcapil, beberapa unit komputer dan peralatan elektronik lainnya hangus terbakar. Untungnya api tidak merambat ke ruang arsip sebelah, di mana jutaan dokumen fisik penting seperti Kartu identitas, akta kelahiran, dan Kartu keluarga tersimpan semenjak jaman pra-elektronik.

Kepala dinas Dukcapil Dewi Isnaini menjelaskan runtutan kejadian.

“Pada sekitar pukul 4 sore Kami yang di lantai 3 sedang mengadakan rapat, tiba-tiba terdengar suara ledakan di lantai, kami segera turun untuk memeriksa keadaan dan melihat kobaran api, langsung kami lakukan tindakan awal sambil menunggu Pemadam Kebakaran, akhirnya api bisa padam pada sekitar pukul 5 sore,” terang Dewi di kantor yang tengah dibersihkan pada hari Kamis (18/11/21).

Dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun terluka, namun kebakaran melahap ruangan server, yaitu jantung operasi online Dukcapil Palembang sehingga pelayanan tidak dapat berlangsung dalam kapasitas penuh sampai dipulihkan.

Dewi mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menentukan apabila ada data yang hilang akibat kebakaran, tetapi meyakinkan bahwa semua data yang penting telah memiliki cadangan di pusat sehingga data masyarakat tetap tersimpan untuk penggunaan kedepannya.

Asal kebakaran masih belum diketahui pasti, namun penyelidikan telah diserahkan ke polisi untuk menentukan penyebab kebakaran ini.

Fitrianti mengatakan bahwa pihak dari dinas kebersihan telah dihimpun untuk membantu percepatan pemulihan kantor, dia berharap kantor Dukcapil dapat kembali beraktivitas kembali secepat mungkin.

“intinya adalah supaya pelayanan dukcapil ini bisa kembali lagi seperti kemarin” tutup Wakil Walikota Palembang ini. Rilis

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More