intens.news
Mitra Informasi

Walikota Instruksikan Camat dan Lurah tidak Keluarkan Izin Resepsi Pernikahan

0 2.105

Intens.news, PAGARALAM – Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, mengintruksikan agar Camat dan Lurah belum mengeluarkan izin bagi masyarakat yang ingin menggelar hajatan atau persedekahan.

Instruksi ini disampaikan Alpian saat memimpin rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (ODP) di lingkungan Pemerintah kota Pagaralam dan pihak lainnya, terkait izin keramaian atau hajatan di tengah pandemi COVID-19, Rabu (19/8/2020).

Dalam rapat yang berlangsung di ruang Besemah I Setdako Pagaralam itu, Walikota bersama pihak terkait juga membahasan soal kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, yang rencananya dimulai kembali akhir Agustus ini. Khusus untuk izin keramaian persedekahan atau resepsi pernikahan, dia dengan tegas menginstruksikan agar belum memberi izin.

“Untuk persedekahan, khususnya pernikahan, kita tetap berpedoman pada edaran Menteri Agama untuk dilaksanakan di KUA dan dihadiri hanya 10 orang saja, atau jika ingin dilaksanakan di rumah tidak boleh lebih dari 30 orang,” tegas Alpian.

Alpian tidak menampik, jika banyak yang menantikan izin keramaian untuk menggelar persedekahan. Pasalnya, seiring dengan musim panen saat ini sudah menjadi tradisi di Pagaralam banyak yang akan menggelar hajatan.

Dan diakuinya pula, hal itu akan menjadi ladang pencaharian berbagai pihak seperti pengusaha seni organ tunggal, wedding organizer, photografer dan lainnya.

“Akan tetapi yang dikhawatirkan, jika ini dilonggarkan malah akan menjadi pemicu cepatnya penyebaran virus corona. Karena bukan tidak mungkin kontak langsung seperti berjabat tangan tidak bisa dihindarkan,” jelasnya.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara, menekankan resiko penularan penyebaran COVID-19, baik itu resiko rendah, sedang ataupun tinggi, rentan terjadi pada acara hajatan. Karena meskipun berjabat tangan atau salaman bisa dihindarkan, namun hal kecil lain tidak diketahui.

“Bahkan bisa saja penularan muncul dari tradisi makan dengan meja prasmanan di rumah pemilik hajatan,” ucap Kapolres.

Sementara Dandin 0405 Lahat melalui Kasdim Mayor Inf Agus Salim menyarankan,kalaupun masyarakat keukeh ingin menggelar hajatan,ada baiknya sebelum melaksanakan persedekahan untuk membuat SOP terlebih dulu kemudian disampaikan pihak terkait entah itu Lurah,Camat bahkan Pihak berwajib.

“Sehingga jika diberikan izin,maka tidak lepas dari pengawasan Bhabinkabtimas dan Bhabinsah,” imbuhnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More