intens.news
Mitra Informasi

Waspada, Sembilan Wilayah Sumsel Rawan Longsor

0 33

Intens.news, PALEMBANG – Sebanyak sembilan wilayah di Provinsi Sumatera Selatan rawan longsor, saat terjadi peningkatan curah hujan di wilayah Sumsel secara merata.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten, Nandang Pangaribowo kepada wartawan, minggu (18/10/2020). Menurut dia, curah hujan di 17 kabupaten/kota di Sumsel mengalami peningkatan sekitar 200-300 mm dan disertai angin kencang. Sehingga ancaman longsor dapat terjadi pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing ataupun lereng. Adapun daerah rawan longsor yakni, Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Rawas, Muratara, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, dan Kota Pagaralam.

“Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga menyebutkan terdapat sembilan daerah di Sumsel yang berpotensi mengalami tanah longsor jika intensitas hujan semakin tinggi,” ujar Nandang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Sumsel, Elbaroma mengimbau masyarakat untuk selalu waspada akan banjir dan tanah longsor.

“Peringatan ini juga berkaitan dengan longsor yang terjadi di Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu beberapa waktu lalu yang nyaris menghanyutkan 11 rumah warga,” ucapnya.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More